Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Tips hindari curanmor dengan modus duplikasi kunci

foto: kaskus.co.id foto: kaskus.co.id

Kota Magelang-KoPi| Modus Curanmor yang kerap digunakan para maling motor adalah dengan menggunakan duplikasi kunci. Modus ini merupakan modus populer dan dianggap efektif. Para pencuri motor ini bisa terjadi pada siapa saja termasuk dalam lingkungan terdekat.

Kasubag Polresta Magelang AKP.Esti Wardiani, misalnya, mengabarkan baru-baru ini  Polresta Magelang berhasil menangkap pelaku pencurian motor dengan modus menduplikasikan atau menggandakan kunci motor milik temannya.

Menurutnya, pelaku berpura-pura meminjam secara baik-baik sepeda motor milik teman satu kosnya. Dalam sebuah kesempatan, ia diam-diam menduplikasikan kunci motor itu dan mengembalikan sepeda motornya. Beberapa hari kemudian ketika ada sebuah kesempatan datang, dengan mudah ia mencuri motor temannya dan wuusss..kabur dengan mudahnya.

Namun demikian, berkat kejelian dan ketangkasan petugas kepolisian Polresta Magelang, pelakunya sudah berhasil ditangkap, katanya.
Berikut ini  tips agar terhindar dari  pencurian sepeda motor  dengan modus menduplikasikan kunci

Tetap Waspada
Jangan lengah untuk selalu menjaga dan mengawasi sepeda motor milik anda walaupun sudah terparkir di tempat aman. Pelaku kejahatan di manapun selalu mencari kelengahan kita. Ketika ia sudah mengantongi kunci hasil duplikasi, ia akan menunggu waktu yang tepat untuk melakukan aksinya.Ketika kita merasa sudah aman biasanya kewaspadaan kita akan menurun, disitulah penjahat akan melancarkan aksinya.

Ganti Kunci
Kunci yang berasal dari pabrikan biasanya mudah diduplikasi. Ganti kunci anda dengan kunci yang kira-kira orang susah untuk menduplikasinya. Usaha pertama kali agar terhindar dari tindak kejahatan adalah mempersulit usaha pelaku kejahatan dalam melakukan aksinya. Di toko toko aksesoris motor biasanya banyak menjual kunci yang beraneka ragam modelnya. Harganya memang agak mahal tapi sepadan dengan fungsinya sebagai alat keamanan.

Tdak Mudah Percaya Orang Lain
Biasanya bila kita sudah akrab dengan orang lain, kita akan merasa sungkan bila barang kita dipinjam teman. Karena sudah setiap hari bergaul dengannya, kita percaya saja misalnya teman meminjam sepeda motor untuk keperluan mendesak.Sebaiknya hindari meminjamkan sepeda motor kita kepada orang lain.

Katakan dengan banyak alasan agar orang tidak jadi meminjam motor kita. Toh bila ada kerusakan atau bahkan hilang, yang akan rugi adalah kita sendiri. Bila terpaksa kita meminjamkan motor, kita harus waspada dan memonitoring kondisi motor kita setelah dipinjam.

Tetapi sekali lagi kalau bisa jangan sekali-kali meminjamkan motor kita. Dengan begitu kita bisa menghindarkan diri dari pencurian motor dengan modus menduplikasikan atau menggandakan kunci motor kita.

back to top