Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

UMY Kembangkan pendidikan skala nasional dan internasional

UMY Kembangkan pendidikan skala nasional dan internasional

Yogyakarta-KoPi, Pada usianya yang ke-33, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tetap meneguhkan komitmennya untuk mengembangkan pendidikan yang kompetitif. Tidak hanya dalam lingkup nasional, namun juga internasional. Kredo "muda mendunia" yang telah dicanangkan sejak Milad UMY ke-31, menjadi bukti atas komitmen UMY.

“Sekalipun dalam usianya yang masih muda, berbagai prestasi serta penghargaan tingkat nasional dan internasional juga telah berhasil dicapai oleh UMY,” jelas Rektor UMY, Prof. Bambang Cipto, MA, Rabu (30/4/2014).


Dalam perkembangannya, UMY semakin menunjukkan eksistensi, prestasi dan luasnya pergaulan UMY hingga level internasional. Jaringan kerja sama dengan berbagai partner di luar negeri dan prestasi dosen dan mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik, telah diakui di tingkat regional, nasional maupun internasional.


Selain itu, UMY juga selalu menjaga komitmen untuk melaksanakan catur darma pendidikan tinggi: sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Di samping itu, juga menjadi pusat pembinaan karakter generasi muda, dengan cara memberikan pemahaman dan memperdalam ajaran Islam secara menyeluruh agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Melalui pendidikan dan pengajaran di dalamnya, UMY bertekad melahirkan generasi muda calon pemimpin bangsa yang memiliki integritas kepribadian dan moralitas yang Islami, dalam konteks kehidupan individu dan sosial. Mahasiswa juga diberikan pembelajaran ke-Islaman dalam program Kuliah Intensif Al-Islam (KIAI) dan tadarus di awal perkuliahan. “Hal ini dilakukan sebagai upaya pembinaan terhadap mahasiswa sehingga mahasiswa dapat menjadi insan akademis yang berkarakter dan berkepribadian Muslim,” kata Bambang Cipto.


Komitmen UMY sebagai institusi pendidikan  berskala nasional dan internasional telah dibuktikan dengan berbagai capaian berharga sepanjang tahun 2013 hingga 2014. Sebagai perguruan tinggi swasta (PTS), kapasitas institusi dan efektivitas pendidikan di UMY juga telah diakui pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi dengan status akreditasi A atau sangat baik. Status akreditasi ini menjadikan UMY sejajar dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia: Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.


Selain itu, hingga tahun 2014, mahasiswa UMY juga banyak yang berhasil menorehkan prestasinya dalam berbagai ajang kejuaraan dan kompetisi, baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Reporter: Affan Safani Adham

 

back to top