Menu
Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Prev Next

Prodi Pertahanan Nasional UGM bangunkan Kesbang Linmas dari tidur

Prodi Pertahanan Nasional UGM bangunkan Kesbang Linmas dari tidur

Jogja-KoPi| Modal demokrasi nusantara semakin minim guna menyikapi perubahan sosial dalam Kesejateraan Pembangunan dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) yang terjadi di tingkat daerah maupun perkotaan.

Menanggapi persoalan itu Program Studi Pertahanan Nasional merealisasikan gagasannya melalui pelatihan bertema Revitalisasi tugas pokok dan fungsi badan Kesbang Linmas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta guna meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa di Gedung Pascasarjana UGM (23/11).

Ketua panitia Imam Subkhi mahasiswa S2 Prodi Ketahanan Nasional, memaparkan bahwa Kesbang Linmas memiliki tugas pokok untuk mengumpulkan data tentang kesejahteraan pembangunan di lintas daerah untuk diusulkan pada pemerintah agar secepatnya untuk ditindaklanjuti.

Selain itu pelatihan ini bertujuan untuk “memberikan wawasan baru pada pegawai Kesbang Linmas se- Daerah Istimewa Yogyakarta karena masih banyak persoalan yang perlu diselesaikan baik ditingkat pedesaan maupun perkotaan,” ujar Imam.

Kegiatan ini juga dibuka sebagai wahana aktualisasi dari mahasiswa Pascasarjana Ketahanan Nasional melalui sharing Knowledge dengan persaonel badan Kesbang Linmas se-Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Fokus dari diskusi ini yaitu masih banyak persoalan yang perlu disikapi termasuk peraturan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya ditingkat profensi.

Sila Pemateri dalam diskusi menegaskan bahwa pemimpin di Indonesia belum sepenuhnya seperti yang kita harapkan, karena semua pemimpin dari partai politik pasti memiliki kepentingan terselubung baik dalam hal pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu Kesbang Linmas memiliki tanggung jawab penting menjadi penyelamat pemerintah baik ditingkat desa maupun di perkotaan.

"Karena dapat kita ketahui bahwa ormas dan partai politik sangat lemah menghadapi permasalahan-permasalahan tentang kesejahteraan dan pembangunan di masyarakat,"tambah Sila.

Kesejateraan Pembangunan dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) memiliki tugas pokok dalam mengatasi pergulatan yang dapat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai pada undang-undang no 24 tahun 2004 yang menjelaskan Kesbang Linmas memiliki peran penting dalam menyusun kebijakan teknis dan kebijakan daerah di bidang kesatuan bangsa, politik dan perlindungan masyarakat. |Cucuk Armanto|

back to top