Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Pascasarjana UAJY Gelar Kuliah Umum Media dan Isu Keberagamaan

uajy2

Sleman-KoPi| Perkembangan zaman sangatlah pesat, berbagai teknologi diciptakan manusia untuk mempermudah pekerjaan dan aktivitas manusia.

Perkembangan teknologi membuat manusia lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan atau memberikan informasi. Akan tetapi, informasi-informasi tersebut belum tentu semuanya benar.

Beberapa informasi atau berita yang tidak benar dibuat untuk kepentingan golongan atau pribadi. Informasi yang tidak benar tersebut misalnya mengenai keberagamaan dan politik.

Oleh sebab itu, Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengadakan Kuliah Umum Media dan Isu Keberagamaan di Ranah Nasional dan Global pada 9 Februari 2018. Acara yang diselenggarakan di Ruang III/3, Program Pascasarjana, Gedung Bonaventura, Kampus 3 Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini diikuti oleh kurang lebih 85 peserta baik itu mahasiswa atau masyarakat umum.

Pembicara yang turut hadir dalam acara ini yaitu Trias Kuncahyono atau yang kerap disapa Trias yang merupakan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas.

“Kuliah umum ini diadakan karena isu-isu media sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat. Dengan kuliah umum ini, kita juga mengajak masyarakat untuk mengkritisi isu tersebut,” jelas Lukas S. Ispandriarno selaku Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi UAJY.

Fenomena yang terjadi saat ini adalah banjir informasi. Siapa saja dapat memberikan informasi sehingga banyak sekali informasi yang beredar. Hal ini disebabkan karena kemudahan dalam menyebar berita. Media sosial merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam penyebaran informasi.

Melalui media sosial semua orang dapat memberikan informasi baik itu benar atau tidak benar karena media sosial tidak memiliki sensor untuk berita yang disebarkan atau ditulis.

“Berita yang dibuat oleh perorangan dan hanya melalui media sosial dapat dikatakan produk pribadi sedangkan berita yang dibuat oleh suatu perusahaan merupakan produk pabrikan. Tentunya kedua produk tersebut berbeda. Produk pabrikan sebelum beredar ke masyarakat harus melalui banyak tahap,” jelas Trias.

Keberagamaan merupakan topik yang sering diangkat menjadi berita. Indonesia memiliki masyarakat yang plural karena di Indonesia tidak hanya terdapat satu agama. Hal tersebut sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memecah belah negara.

“Media harus bersikap adil, tidak hanya memihak satu pihak saja,” kata Trias.

back to top