Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Pidato Gubenur Akmil dalam Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara PT Indoofood, PT XL Axiata Tbk dan Yayasan Karya Salemba Empat

Pidato Gubenur Akmil dalam Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara PT Indoofood, PT XL Axiata Tbk dan Yayasan Karya Salemba Empat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua.

- Yang saya hormati, Bapak Henky Poerwowidagdo selaku Chief Operating Officer Yayasan Karya Salemba Empat, beserta staf
- Bapak Stefanus Indrayana selaku General Manager Corporate Communikation Indofood Sukses Makmur Tbk beserta Staf,
- Bapak Eka Bramantya Danuwirana selaku Chief Corporate Affairs Officer PT XL Axiata Tbk beserta Staf, serta
- Para Narasumber, Pelatih, Pengasuh dan Mahasiswa/ Mahasiswi peserta pelatihan Bela Negara yang saya cintai dan saya banggakan.

 

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita masih diberikan kekuatan, kesehatan dan kesempatan untuk dapat mengikuti Upacara Pembukaan Pelatihan Bela Negara bagi 325 mahasiswa/ mahasiswi penerima beasiswa Yayasan Karya Salemba Empat, PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk., PT. XL Axiata, Tbk. tahun 2017 dalam keadaan sehat walafiat.

Mengawali amanat ini, saya atas nama seluruh Civitas Akademika Akademi Militer, dan pribadi mengucapkan, selamat datang di Lembah Tidar kepada Bapak Henky Poerwowidagdo selaku Chief Operating Officer Yayasan Karya Salemba Empat beserta staf, Bapak Joseph Bataona selaku Direktur PT. Indofood Sukses Makmur Tbk beserta Staf, serta Bapak Eka Bramantya Danuwirana selaku Chief Corporate Affairs Officer PT XL Axiata Tbk beserta Staf. Saya juga mengucapkan selamat datang kepada para Mahasiswa/Mahasiswi penerima beasiswa Karya Salemba Empat yang akan melaksanakan Pelatihan Bela Negara di Akademi Militer.

Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Akademi Militer untuk melaksanakan program pelatihan Bela Negara bagi Mahasiswa penerima beasiswa Karya Salemba Empat dari tanggal 26 Januari 2017 sampai dengan 4 Februari 2017.

- Peserta upacara yang saya banggakan,

Dalam Pasal 27 ayat 3, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, diamanatkan bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara”.

Bela Negara bukan hanya menjalankan kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia, melainkan juga sebagai bentuk kehormatan Warga Negara Indonesia guna me-wujudkan pengabdian dan sikap rela berkorban terhadap bangsa dan negara.

Bela Negara merupakan salah satu kunci untuk melawan derasnya tantangan era globalisasi yang telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan dengan segala dampak positif maupun negatif yang dibawanya.

Salah satu dampak globalisasi saat ini adalah terjadinya degradasi moral dan rendahnya nilai-nilai kebangsaan, jiwa nasionalisme serta kedisiplinan di kalangan generasi muda, sehingga hal tersebut harus menjadi perhatian khusus bagi setiap elemen bangsa.
Untuk itu, kesadaran Bela Negara harus ditanamkan kepada para generasi muda sebagai wujud pengabdian kepada Negara Indonesia, karena Bela Negara dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperluas wawasan kebangsaan pada setiap warga negara.

Selain itu, Mahasiswa/Mahasiswi sebagai kaum intelektual dan generasi muda harapan bangsa harus mampu untuk terus mengem-bangkan kapabilitas, kompetensi, integritas, dan daya saing, sehingga mempunyai daya nalar yang tinggi, dan karakter kepemimpinan yang kuat untuk memajukan bangsa dan Negara di masa depan.

Hal ini penting untuk dipahami, karena berdasarkan sejarah bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa, para mahasiswalah yang selalu tampil sebagai agen perubahan, yang selalu berjuang dengan gigih demi kepentingan rakyat, bangsa dan Negaranya.

Mengingat peran mahasiswa yang sangat penting tersebut, maka perlu diberikan pendidikan dan pelatihan Bela Negara yang dilakukan secara konsisten dan komprehensif sehingga diharapkan tidak saja cakap secara intelektual, akan tetapi juga mempunyai karakter kebangsaan yang kuat, nilai kedisiplinan yang tinggi dan kepemimpinan lapangan yang matang.

Diharapkan dari pelatihan ini para Mahasiswa memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air serta kejuangan yang tinggi, sehingga dapat dijadikan filter untuk membentengi diri dalam menghadapi derasnya pengaruh arus globalisasi dan informasi yang juga membawa dampak negatif bagi generasi muda.

Oleh kerena itu, Akademi Militer sebagai lembaga pendidikan pertama perwira TNI AD yang mencetak generasi muda, kader-kader Pimpinan TNI di masa depan, menyambut baik

dan memberikan apresiasi positif kepada seluruh pihak yang bekerjasama untuk menyeleng-garakan pelatihan Bela Negara dan Kepemimpinan di Akademi Militer.

Harapan saya, kepada adik-adik Mahasiswa/Mahasisiwi sekalian se-bagai generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa ini, harus dapat me-manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga program pelatihan yang akan dilaksanakan dapat memberikan kontribusi konstruktif dan andil yang besar, dalam melahirkan calon pemimpin masa depan bangsa yang ideal, yakni sosok pemimpin yang tidak saja berwawasan luas, akan tetapi juga pemimpin yang berkarakter dan memiliki rasa nasionalisme, cinta tanah air dan kejuangan yang tinggi serta beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

- Peserta upacara sekalian,

Agar program pelatihan Bela Negara ini dapat tercapai sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan serta dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tertib, maka perlu dicermati beberapa atensi untuk dipedomani dan dilaksanakan :

Pertama, awali setiap kegiatan dengan berdoa Kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral, agar selalu mendapat ridho dan perlindungan-Nya.

Kedua, taatilah segala aturan, petunjuk dan arahan dari para Pelatih, serta tanyakan hal-hal yang belum dimengerti dan laporkan kepada Pelatih atau Pengasuh apabila ada kesulitan atau hambatan.

Ketiga, pelihara dan tingkatkan semangat kebersamaan dan kerja-sama antar sesama peserta serta utamakan faktor keamanan dan keselamatan pada setiap tahapan kegiatan, sehingga program pelatihan ini dapat mencapai hasil yang optimal.

Keempat, karena latar belakang kehidupan kalian adalah mahasiswa-mahasiswi terbaik dari seluruh penjuru tanah air, maka saya minta agar kesempatan ini dijadikan sebagai wahana untuk berdiskusi dan sharing tentang segala hal yang bermanfaat guna meningkatkan persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa.

Kelima, kepada penyelenggara latihan, laksanakan kegiatan ini secara baik, terpadu, terukur dan terarah, sehingga benar-benar dapat mencapai sasaran dan tujuan latihan.

Akhirnya, kepada seluruh Peserta Pelatihan, saya ucapkan selamat berlatih, tunjukkan segala potensi yang kalian miliki, kobarkan terus semangat belajar dan berlatih serta tumbuhkan loyalitas dan jiwa korsa yang kuat diantara kalian, sehingga diharapkan nantinya kalian betul-betul dapat merasakan manfaat dari semua kegiatan pelatihan ini.

Demikian amanat saya, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan Negara tercinta.


Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Magelang, 27 Januari 2017
Gubernur Akademi Militer

Arif Rahman
Mayor Jenderal TNI

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next