Logo
Print this page

Pertamina targetkan 50 titik penyalur BBM di Indonesia sudah satu harga tahun ini

Pertamina targetkan 50 titik penyalur BBM di Indonesia sudah satu harga tahun ini
Sleman-KoPi| Direktur Pt Pertamina Persero ,Ellisa Massa Manik mengungkapkan Pt Pertamina sudah mengurus 25 titik penyalur untuk merealisasikan Program bahan bakar minyak (BBM) satu harga di seluruh indonesia. 
 
Ia pun menerangkan pihaknya sudah menyeragamkan harga BBM di 25 titik tersebut sejak Januari 2017. Pihaknya pun akan menambah 12 titik lagi pada Oktober nanti.
 
"Penyamarataan harga BBM saat ini akan terus kita lalukan ,sekarang  sudah 25 titik,  dan semoga 12 titik pada  Oktober  nanti,semua  bisa dioperasikan. Karena targetnya tahun ini selesai pada 50 titik ,"ujarnya saat dijumpai di UGM,Selasa (12/9)
 
Terlepas pemaparannya,Ellisa kurang mengetahui secara rinci lokasi mana saja yang sudah diseragamkan. Namun beberapa titik wilayah masuk kedalam wilayah 3T (Terdepan,Tertinggal,Terluar ) ,harga BBMnya sudah diseragamkan dengan wilayah pusat atau Jakarta. 
 
Ia pun menuturkan selama pengembangan titik ini, bahwa kerja sama antara Pemerintah Daerah(Pemda) dan Pertamina penting untuk dibangun. Pasalnya, Pemda ini diharapkan membantu pengawasan penyalur ke Konsumen agar harga BBM benar-benar seragaM
 
"Pemda ini akan membantu pengawasannya sehingga nantinya saat sampai ke konsumen bisa satu harga, kita dari pertamina hanya bisa sampai ke Penyalur,"ucapnya
 
Berkaitan Program BBM Satu Harga diseluruh Indonesia ,program ini merupakan upaya Presiden Jokowi dalam memberikan keadilan masyarakat yang khususnya tinggal diwilayah 3T. 
 
Mereka cenderung mendapat harga BBm relatif tinggi  dibandingkan wilayah Jawa atau Perkotaan. Pasalnya Lembaga penyalur resmi tidak ada diwilayah tersebut. 
 
Oleh karenanya,untuk mendukung kebijakan,Pemerintah melalui Kementerian ESDM menerbitkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 36 tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan Secara Nasional.
 
Tujuan Permen ESDM Nomor 36 Tahun 2016 ini adalah percepatan pemberlakuan Harga Jual Eceran BBM yang sama untuk seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
 
Jenis BBM yang diatur untuk menerapkan program tersebut adalah jenis BBM tertentu yaitu minyak solar 48 (Gas Oil) dan Minyak tanah dan BBM Khusus Penugasan (BKP) yaitu bensin (Gasoline) Ron 88.| Syidiq Syaiful Ardli
 

Related items

© 2016 www.koranopini.com (PT Proyeksi Indonesia Grup). All rights reserved.