Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Pelindo 1 terima kunjungan jurnalis dari beberapa negara

Pelindo 1 terima kunjungan jurnalis dari beberapa negara

Pelindo 1 menerima kunjungan media asing yang berasal dari berbagai negara di Asia, seperti Tiongkok, Thailand , Hongaria, Rumania dan Kroasia, pada tanggal 10 Mei 2017.

 

Para media asing yang tergabung dalam Journalist Visit Program dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia ini berkesempatan mengunjungi Belawan International Container Terminal (BICT) yang merupakan terminal petikemas terbesar di Pulau Sumatera.

Rombongan media yang berjumlah 15 orang ini disambut oleh Manajemen BICT yang diwakili oleh Menejer Sistem Manajemen, M. Taufik Fadillah.

Dalam sambutannya, Taufik menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang atas kunjungan para media asing ini ke BICT dan berharap agar para media ini dapat menyebarluaskan informasi tentang pengembangan pelabuhan yang ada di Indonesia, khususnya Pelindo 1.

“Pelabuhan memiliki peranan besar dalam meningkatkan perekonomian nasional mengingat Indonesia sebagai negara maritim. Apalagi Presiden Joko Widodo sedang menggagas program Tol Laut untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, dan BICT saat ini terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan bongkar muat barang, baik itu dari sisi infrastruktur, peningkatan keamanan pelabuhan, maupun perkembangan teknologi informasi, ” jelas Taufik mengawali pemaparannya.

Untuk meningkatkan pelayanan, BICT juga akan melakukan pengembangan dengan menambah panjang dermaga sepanjang 700 meter. “Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas petikemas melalui Pelabuhan Belawan,” ujar Taufik.

Kepala Bidang Pelayanan Media dari Kementerian Luar Negeri, Alberd Pardede menyampaikan ucapan terimakasih atas kesempatan berkunjung yang diberikan oleh manajemen BICT.

“Journalist Visit Program ini merupakan kegiatan di lingkungan Direktorat Informasi dan Media yang bertujuan untuk melakukan penyebarluasan informasi kepada masyarakat luas di luar negeri melalui jurnalis media asing. Melalui program ini, para jurnalis dan media diharapkan dapat melihat dan menyampaikan potensi ekonomi dan infrastruktur, khususnya di bidang kepelabuhanan, untuk menunjukkan kemajuan pembangunan di Indonesia,” jelas Alberd.

Usai pemaparan, selanjutnya rombongan berkesempatan melihat langsung pelayanan jasa kepelabuhanan yang mendukung proses bongkar muat dan ekspor impor di BICT.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau Daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu, UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) dan PT Prima Husada Cipta (PHC).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.

Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien.

Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional.

Pelindo 1, Indonesia Gateway


Contact Information 1:
Fiona Sari Utami

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
(+62-61) 6610220

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next