Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Anies Baswedan hadiri persiapan pembentukan Orkestra Negara

Anies Baswedan hadiri persiapan pembentukan Orkestra Negara

Sub Judul

Jakarta-KoPi|  Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka merawat khasanah kesenian dan dengan tujuan mengangkat musik nusantara akan menggelar Pergelaran Orkestra Nasional dalam rangka Persiapan Pembentukan Orkestra pada tanggal 8 Desember 2014, pukul 19.00 di Concert Hall ISI (Institut Seni Indonesia), Yogyakarta, dengan menggandeng dua orang Maestro ternama di bidang musik Indonesia yaitu, Franki Raden dan Purwacaraka. Direncanakan, pertunjukan tersebut akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies R. Baswedan, Ph.D.

Dalam pertunjukan yang bersifat terbuka untuk umum dan berdurasi 60 menit ini, akan ditampilkan dua tim orkestra yang masing-masing akan menunjukan kebolehannya selama 30 menit. Indonesian National Orchestra (INO) di bawah pimpinan Franki Raden akan menampilkan musik etnik tradisional Indonesia dengan komposisi yang didominasi oleh alat musik perkusi, senar, dan instrumen angin yang terbuat dari kayu, bambu, dan bahan alami lainnya, terolah menjadi satu harmoni yang megah, dengan melibatkan kurang lebih 40 orang seniman di dalamnya.
Tidak kalah menarik, Pergelaran Orkestra Nasional dalam rangka Persiapan Pembentukan Orkestra ini juga akan melibatkan kurang lebih 155 siswa SMKN 2 Kasihan (Sekolah Menengah Musik) Bantul, Yogyakarta yang akan memainkan lagu aransemen dari Purwacaraka. Adapun tema penyelenggaraan orkestra ini dikaitkan dengan peringatan Hari Guru Nasional.

Dalam paparannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies R. Baswedan, Ph.D. berharap Pergelaran Orkestra Nasional dalam rangka Persiapan Pembentukan Orkestra ini dapat menghasilkan pemikiran dan gagasan tentang upaya perlindungan dan pengembangan seni musik, serta mampu membangkitkan semangat generasi muda untuk terus berkarya, agar keberadaan Orkes tetap dicintai oleh seluruh lapisan masyarakat, dan silaturahmi budaya ini dapat menambah energi positif bagi kita semua untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan warisan budaya secara bijaksana. Selain itu, pergelaran ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta dan bakti generasi muda pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan musik etnik Indonesia dapat dikenal di dunia internasional.

back to top

More in News Categories

Prev Next

Other Categories

Prev Next