Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

El Nino, kekeringan petani, jadi berkah bagi nelayan

El Nino, kekeringan petani, jadi berkah bagi nelayan
Surabaya - KoPi | Fenomena cuaca ekstrim El Nino dituding menjadi penyebab kekeringan di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Namun, kedatangan 'si bocah nakal' El Nino ini ternyata menjadi berkah tersembunyi bagi nelayan. Fenomena cuaca ini diperkirakan bakal membuat kawasan perairan Indonesia penuh dengan potensi tangkapan ikan.
Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Lilly Aprilya Pregiwati, Senin (29/6) mengatakan, El Nino merupakan masa musim kering yang panjang, sehingga suhu mendingin di kawasan perairan Samudera Hindia. Penurunan suhu tersebut membuat populasi berbagai jenis ikan dan udang menjadi sangat berlimpah. 

”Semoga El Nino membawa berkah tersembunyi bagi perikanan, karena akan membuat pasokan ikan melimpah luar biasa,” katanya.

Pada kondisi normal, iklim tropik kawasan Samudera Pasifik di bagian barat lebih hangat dengan kisaran suhu 29-30  derajat Celcius. Sedangkan di bagian timur lebih hangat dengan kisaran suhu 22-24 derajat Celcius. Kondisi ini menyababkan massa air menjadi lebih hangat di barat, yang disebut warm pool Pasifik dengan letak relatif dalam. Di sisi lain suhu menurun perlahan terhadap kedalaman menuju termoklin disekitar 100-200 m dibawah permukaan. 

Setiap tiga hingga tujuh tahun akan terjadi pemanasan laut di Pasifik timur yang disebut peristiwa El Nino. El Nino dicirikan dengan warm pool berpindah tempat ke Pasifik Timur. Jika terjadi kondisi berlawanan disebut peristiwa La Nina. La Nina dicirikan dengan warm pool berpindah lebih jauh ke Pasifik barat.

El Nino baru akan terjadi jika perairan yang lebih panas di Pasifik Tengah dan Timur meningkatkan suhu dan kelembaban pada atmosfer yang berada di atasnya. Kejadian ini mendorong terjadinya pembentukan awan yang akan meningkatkan curah hujan di sekitar kawasan tersebut.

Selama terjadi El Nino suhu permukaan naik dan tinggi permukaan air laut juga ikut naik. Air yang menjadi hangat menyebabkan evaporasi meningkat dan tekanan udara menjadi rendah. Karena peristiwa ini kehidupan habitat laut ikut terpengaruhi. Setelah berakhirnya El Nino, suhu rata-rata di laut berada di bawah normal. Hal ini lah yang menyebabkan El Nino dikaitkan dengan La Nina karena La Nina mengakibatkan suhu laut menjadi dingin.

 

back to top