Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Seribu pengusaha digital pemula penuhi Gerakan Start Up

Seribu pengusaha digital pemula penuhi Gerakan Start Up

Sleman-KoPi|Gerakan Nasional 1000 Start Up atau pengusaha pemula Digital terima pendaftar gelombang kedua di Kota Yogyakarta melebihi 1000 peserta.

Project Leader Gerakan Nasional Start up, Aulia Masna mengatakan 1.657 Orang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti seminar tahap awal,Ignition.

"Tercatat terdapat 1.657 orang yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti Ignition Yogyakarta,"ujar Aulia yang juga merupakan Chief Executive KIBAR,saat jumpa pers di Gedung Grha Sabha Pramana UGM, Sabtu (26/8).

Aulia menyampaikan pihaknya terkejut dengan antusiasme pengusaha muda dan start up Yogyakarta setelah melihat angka ini. Pasalnya angka pendaftar ini sudah melebihi ekspetasi dan juga melebihi jumlah peserta terbanyak tahun lalu di Pontianak yang berjumlah 400 pendaftar pada gelombang pertama.

"Kami sangat excited (senang) dengan pendaftar di DIY, artinya mereka ini sangat antusias pada gerakan nasional 1000 start up,"tuturnya.

Sementara itu, Gerakan Nasional Start Up Digital Gelombang Pertama sendiri diperkirakan akan selesai pada Desember tahun ini.

Setelah resmi dimulai pada Juli 2016 lalu hingga saat ini, Gerakan Nasional1000 Startup Digital gelombang pertama sendiri sudah berjalan di 10 kota yaitu, Jakarta, Surabaya,Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Denpasar, Makassar, Pontianak, dan Medan.

Gelombang pertama yang sudah mau selesai, menjadi pertanda bagi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital untuk memulai gelombang keduanya.

Gelombang kedua dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah dimulai dengan dilaksanakannya Ignition di kota Jakarta pada April 2017 lalu dan di Surabaya pada bulan Mei.

Aulia juga menjelaskan setelah fase Ignition Yogyakarta, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital gelombang kedua akan melaksanakan tahapan seleksi lanjutan di Surabaya dan Jakarta.

"Setelah Gerakan Nasional 1000 Startup Digital gelombang kedua akan melaksanakan tahapan seleksi lanjutan Bootcamp di Surabaya pada 9,10 September 2017 dan di Jakarta pada 16, 17 September 2017,"jelasnya

Dari pemerintah yang juga ikut mencanangkan program ini,Septiana tangkary, Direktur Pemberdayaan Informatika kementrian komunikasi Informatika mengatakan seribu peserta ini akan menghadapi seleksi lanjutan untuk betul-betul dibentuk sebagai pengusaha pemula andalan.

Tahapan-tahapannya seperti tahap Ignition, Bootcamp, Hacksprint,Inkubasi hingga tahap akhir yaitu Demo day.

"Dari ribuan peserta yang mendaftar , mereka akan mengikuti workshop,tahap bootcamp, hingga nantinya terpilihlah start up terpilih yang mampu menyelesaikan permasalahan di Indonesia,"imbuhnya.

Gerakan nasional 1000 start up juga sampai saat ini sudah menerjunkan 300 mentor dan trainers yang akan membantu program ini.

Sementara terkait Gerakan Nasional 1000 Startup Digital,Gerakan ini memiliki tujuan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mendirikan 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. |Syidiq Syaiful Ardli

back to top