Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Seminar KSPM UAJY Ajak Masyarakat Jadikan Investasi Sebagai Gaya Hidup

uajy3
Sleman-KoPi| Pasar modal termasuk salah satu elemen penting perkembangan perekonomian suatu negara. Pasar modal mempunyai fungsi sebagai sarana pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor).

Berinvestasi di pasar modal dan menabung saham adalah salah satu cara yang dapat dipilih untuk menyiasati ketatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di Indonesia, apalagi di negara kita ini sedang mengalami apa yang dinamakan dengan bonus demografi.

Oleh karenanya guna mengedukasi dan menumbuhkan semangat investasi pada masyarakat Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan seminar nasional dengan tema “Investing as a Lifestyle”, Kamis (8/2).

Seminar nasional ini digelar di Auditorium Kampus 2 Gedung Bonaventura UAJY dari pukul 15.00-18.00. Seminar ini menghadirkan beberapa pembicara yang sudah berpengalaman di pasar modal yaitu: 1. Ellen May (pendiri Ellen May Institute, seorang investor saham, dan educator pasar modal; 2. Lo Kheng Hong (Warren Buffet Indonesia, pemilik aset saham terbesar di Bursa Efek Indonesia; 3. Serta salah seorang pembicara dari IDX yang sudah handal dalam melakukan analisis saham.

Seminar nasional ini membahas berbagai hal yang berkaitan dengan investasi di pasar modal dan cara melakukan analisis dalam investasi saham. Seperti pada sesi pembicara yang pertama yaitu Ellen May yang membagikan pengalamannya dalam dunia trading, dan membagikan materi seputar analisis fundamental dan analisis teknikal, serta bagaimana cara menggunakannya dalam investing.

Selain itu pada seminar ini juga dibahas beberapa strategi jitu dalam berinvestasi seperti strategi berinvestasi yang ditempatkan pada waktu atau moment yang tepat dan strategi yang ditempatkan sesuai profil diri anda. Penanaman saham pada waktu atau moment yang tepat bisa dilakukan ketika pasar sedang jatuh sekalipun.

Pada seminar yang diikuti oleh sebanyak 390 peserta ini juga dibagikan beberapa tips dalam menanam saham. Pertama menabung saham harus konsisten dalam memilih saham perusahaan yang akan dibeli. Kedua, jangan berinvestasi ketika ada tekanan. Ketiga, trading adalah sebuah proses bukan hasil sehingga kita harus sabar.

“Kita harus sabar dalam mencari uang, jangan mau korupsi yang didapat sedikit, lebih baik investasi di Bursa Efek Indonesia,” ucap Lo Kheng Hong.

“Diharapkan melalui seminar ini mampu memberikan pengetahuan dan semangat investasi pada masyarakat sehingga investasi bisa menjadi gaya hidup dan memberikan sumbangan bagi kemajuan perekonomin bangsa,” pungkas Mika Satria Ketua KSPM UAJY

back to top