Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Pinjaman cepat tanpa debt coll, Uang Teman turunkan dana Rp 20 milyar

Pinjaman cepat tanpa debt coll, Uang Teman turunkan dana Rp 20 milyar

Jogja-KoPi| Lembaga keuangan berbasis online atau aplikasi pinjam uang cepat UangTeman akan mengucurkan dana pinjaman sebesar Rp. 6 milyar khusus untuk nasabah UangTeman Yogyakarta. Dana tersebut merupakan salah satu target dari UangTeman tahun 2017 yang menargetkan penurunan dana hingga Rp. 20 mIlyar untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Kita targetkan pinjaman dana untuk jawa tengah sebesar 20 Milyar, dengan rincian wilayah Yogyakarta sebesar 6 milyar,Semarang 6 milyar, Klaten 3 milyar, Solo 3 milyar, Magelang 2 milyar,” Jelas Donna Arifin, Direktur Pemasaran dan Komunikasi UangTeman, saat jumpa media di Hotel Inna Garuda, Jumat (31/3).

Donna menjelaskan pinjaman RP. 6 milyar tersebut dikarenakan nasabah di wilayah di Yogyakarta termasuk yang terbanyak. Dari total 2000 nasabah UangTeman di Jawa Tengah, lebih dari 1000 nasabah berada di Yogyakarta.

Sementara untuk target total peminjaman UangTeman tahun 2017 di Indonesia, UangTeman menargetkann akan menyiapkan pinjaman dengan total RP. 100 Milyar.

Aplikasi Uang Teman ini merupakan salah satu aplikasi peminjaman uang yang mudah dan dapat digunakan oleh semua kalangan yang membutuhkan uang cepat.

Donna menjelaskan bagi masyarakat Yogyakarta yang membutuhkan uang cepat cukup dengan mendownload aplikasi UangTeman di Appstore atau Lostore dan mengisi persyaratan yang tercantum di aplikasi.

"Nasabah yang ingin mendaftar cukup dengan memfoto KTP, Foto selfie, dan foto slip gaji bagi karyawan atau keterangan penghasilan dari RT atau RW bagi wirausahawan, selanjutnya akan kita verifikasi dan jika lolos, uang akan segera dikirimkan lewat rekening bank,” jelas Donna.

Untuk jumlah pinjaman yang diberikan oleh UangTeman hanya berjumlah dikisaran 1-4 Juta dengan jangka waktu peminjaman minimal 10 hari sampai maksimal 30 hari dengan biaya layanan (bunga) 1% perhari .

Donna mengatakan nasabah saat ini hanya perlu menunggu maksimal dua hari sampai dana pinjaman masuk ke rekening.

“Jika Nasabah tersebut terbukti baik dan tepat waktu membayar pinjaman, maka dipinjaman selanjutnya biaya layanan akan dturunkan menjadi 0,8%, 0,6%, dan seterusnya,”lanjut Donna.

Sementara itu Darmawan Zaini Kepala Teknisi UangTeman, menjelaskan terkait jumlah yang sedikit dan waktu singkat dikarenakan pinjaman tersebut memang ditunjukkan untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah yang membutuhkan uang cepat tanpa perlu perantara.

Terkait dengan kendala yang dihadapi calon nasabah Uang Teman, Darmawan menjelaskan tidak semua pengajuan peminjaman yang masuk disetujui oleh UangTeman.

Tujuannya adalah memverifikasi nasabahnya yang benar-benar mampu membayar pinjamannya. UangTeman sendiri memiliki rasio kredit bermasalah (Non performing Finance/NPF) yang rendah yaitu 3 %.

“Dari 100 orang yang mengajukan pinjaman, mungkin hanya 30 orang saja yang diterima,kita memiliki verifikasi yang cukup ketat saat tahap upload data. Kita melakukan peminjaman pada yang mampu membayar saja,”jelas Darmawan.

Untuk kedepannya sendiri, selain mengucurkan pinjaman Rp. 20 milyar, UangTeman akan menargetkan pada tahun 2017 pinjaman dana akan diberikan dalam waktu 15 menit.

Sementara untuk pengumpulan pembayaran pinjaman yang terlambat, UangTeman tidak akan menggunakan agensi Debt Collector (DC) untuk menagih, namun lebih ke pengiriman pesan pengingat dan lewat desk call.

"Kami tidak akan menggunakan Agensi DC, pengingat batas waktu akan kita sampaikan lewat reminder dan desk call, jika tidak bisa membayar kita akan negosiasi dengan nasabah. sistem yang kita gunakan seperti Bank namun kita tidak perlu tatap muka,”Pungkas Darmawan. |Syidiq Syaiful Ardli

back to top