Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

PT KIA akan tertibkan kios sepanjang Pasar Kembang Yogya

PT KIA akan tertibkan kios sepanjang Pasar Kembang Yogya
Jogja-KoPi| PT Kereta Api Indonesia (KAI)Daerah operasi(Daop)6 berencana merevitaliasasi jalan trotoar di sisi selatan Stasiun Tugu di sepanjang Jalan Pasar Kembang.
Program revitalisasi ini erat kaitannya dengan rencana penertiban kios yang berjumlah 70 unit disepanjang jalan Pasar Kembang.
 
Manajer Aset KAI,Desra Hidayat mengatakan rencana penertiban ini tidak hanya untuk rencana kedepan,namun juga menanggapi permintaan warga di Kecamatan Gedongtengen untuk menertibkan jalan pedestrian di jalan pasar kembang yang dipenuhi dengan kios dan lahan parkir.
 
"Kami menindaklanjuti dari permintaan warga untuk merelokasi,memang tidak ada permintaan relokasi, namun kita KAI hanya berencana menertibkan kios yang ada disana," kata Desra saat Audiensi bersama warga Gedongtengen di Kantor Daop 6 Lempuyangan, Rabu (24/5).
 
LSM LP3 NKRI,  meminta kepada PT KAI untuk menertibkan kios yang dirasa menutup akses jalan pejalan kaki di jalan Pasar Kembang. Mereka meminta agar memulihkan fungsi jalan dan menertibkan kios yang ada disekitar stasiun Tugu.
 
"Sisi selatan sepanjang stasiun dari pasar kembang itu seharusnya dapat berfungsi sebagai pedestrian, namun pedestrian tidak dapat berjalan ditrotoar itu khususnya bagi penumpang kereta api,"jelas Guswa salah satu perwakilan LP3 NKRI.
 
 Selain penertiban,menurut Guswa PT KAI juga sebaiknya memperindah wilayah sekitar agar pendatang yang turun dari Stadium dapat tertarik berkunjung ke perkampungan di Kecamatan Gedong Tengen.
 
Sementara itu, pemilik kios meminta kepada PT KAI agar dapat merelokasi kios ke tempat yang lebih baik. Hartono perwakilan dari RT 16 RW 03  Sosrowiajayan mengatakan tiga warganya yang memiliki kios agar dicarikan lokasi dan dibuatkan kios baru.
 
"Kami ingin Jalan Pasar Kembang menjadi bagus,rapi, dan aman. Kalau dari warga yang terdampak kami meminta direlokasi saja, dibuat kios baru,"terang Hartono.
 
Sementara itu,Desra mengatakan pihaknya baru bisa menampung permintaan warga. Dia melanjutkan wacana relokasi ini membutuhkan koordinasi lintas sektoral pemda dan dinas instansi terkait. 
 
"Memang sementara kita belum ada relokasi,kami akan catat dan akan kami sampaikan ke manajemen,"tutur Desra.
 
Desra menambahkan penertiban ini akan direncanakan dengan perhatian penuh dan tidak gegabah. Pihaknya akan terus mensosialisasikan dengan pemilik warung dan kios. Desra juga menginformasikan belum bisa memberikan waktu kapan penertiban dilaksanakan.
 
"Secepatnya namun waktunya kami belum bisa memastikan,karena penertiban ini dilakukan hati-hati dan tidak gegabah," pungkasnya.|Syidiq Syaiful Ardli
 
back to top