Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Launching Lembaga Penelitian Bahasa Inggris Chapter Jogja

Launching Lembaga Penelitian Bahasa Inggris Chapter Jogja

Jogja-KoPi| Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) se-DIY Jateng bersama Pergururan Tinggi (PT) Se-DIY Jateng baik negeri maupun swasta dan guru-guru Bahasa Inggris Madrasah Aliyah Se-DIY Jateng berhasil mengadakan ELITE (English Linguistics Literature & Education) Chapter DIY dan Jateng bertempat di Convention Hall, UIN Sunan Kalijaga dalam acara Konsorium Linguistik dan Ilmu Sastra yang diadakan oleh Prodi Sastra Inggris UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kamis (26/5).

ELITE sebuah lembaga penelitian yang bergerak dalam wilayah pengkajian Bahasa Inggris yang beranggotakan 55 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri se-Indonesia ini akhirnya berhasil meluncurkan ELITE Chapter Jogja DIY dan Jateng.

Asosiasi untuk dosen, guru dan pemerhati bahasa inggris ini bersama-sama dengan semua Institusi berusaha untuk meningkatkan kualitas baik dari segi lembaga maupun kualitas indvidu dalam hal penulisan.

“Kami telah bekerja sama dengan Kementrian Agama dan juga Kedutaan Amerika untuk mendatangkan ahli-ahli dari sana untuk melakukan peningktaan penelitian dalam bidang tertentu,” jelas Ketua ELITE Nasional, Dr. Like Raskova Octaberlina, M.Ed.

ELITE chapter DIY-Jateng ini berangotakan PTAIN, PT, dan guru-guru bahasa Inggris Madrasah Aliyah DIY Yogyakarta antara lain UIN Sunan Kalijaga, UIN Walisongo, IAIN Salatiga, IAIN Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Islam Negeri, Universitas Gadjah Mada, Universitas Soedirman, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Universitas Ahmad Dahlan, dan universtitas lainnya beserta para guru MA ini saling menguatkan barisan dalam meninkatkan kualitas enelitian di bidang bahasa Ingrgris. Ini dikarenakan PTAIN mungkin kesulitan dalam meng-upgrade keilmuan dan identitasnya.

“Ini sebagai wadah untuh PTAIN untuk menghapus kesulitannya dalam pengupgrade-an keilmuan dan identitasnya sehingga mendapatkan jawaban dari koordinasi dan konsolidasi yang dilakukan,” jelas Dr. Like Raskova Octaberlina, M.Ed.

ELITE chapter Jogja dan DIY diharapkan dapat lebih giat dalam pengembangan kepenulisan, mengingat DY dan Jateng merupakan kota pelajar. “Sebagai kota pelajar, DIY dan Jateng diharapkan mampu menggiatakan kegiatan pengembangan kepenulisan di bawah ELITE,” kata Like. Selain itu ELITE juga mencoba memecahkan apa yang menjadi masalah dan kebutuhan dari para anggotanya. 

back to top