Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Gus Ipul Minta Kartar Jatim Fokus Pemberdayaan Ekonomi

Gus Ipul Minta Kartar Jatim Fokus Pemberdayaan Ekonomi

Surabaya-KoPi| Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf minta Karang Taruna (Kartar) fokus dalam memberdayakan ekonomi masyarakat. 

“Kartar harus menjadi bagian bersama pemerintah untuk meningkatkan peran sertanya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan,” pesannya saat mengukuhkan dan melantik Forum Pengurus Karang Taruna Prov. Jatim massa Bhakti 2017-2022 di Taman Budaya, Senin (25/9).

Ia mengatakan, bahwa kartar telah berbuat dan berkontribusi nyata bagi pemerintah. Kartar juga telah membuktikan diri berperan aktif menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga pemberdayaan ekonomi di Jatim terus menggeliat, meningkat dan produktif.

“Saya bangga, karang taruna hari ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Jadi karang taruna sekarang harus menciptakan lapangan pekerjaan bukan mencari pekerjaan. Saya minta pengurus kartar yang baru ini mampu fokus dalam memberdayakan ekonomi masyarakat," tegasnya.

Gus Ipul sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa kartar di Jatim memiliki jumlah anggota yang tersebar di berbagai lini baik di perkotaan hingga pedesaan. Bahkan, banyak dari anggotanya telah memiliki usaha seperti UMKM yang telah terbukti menjadi penopang perekonomian Jatim.

Menurutnya, UMKM di Jatim merupakan sektor yang mampu bertahan dari krisis ekonomi. UMKM pula yang menyumbang sekaligus berkontribusi besar bagi pemberdayaan ekonomi di daerah.

Lebih lanjut disampaikannya, UMKM juga yang turut menciptakan pekerjaan baru dibandingkan dengan perusahaan besar. UMKM meskipun kecil namun jumlahnya banyak. Jika disatukan, akan jadi kekuatan dalam penciptaan lapangan pekerjaan.

“Jumlah penyerapan lapangan pekerjaan melalui UMKM ini, lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan besar yang lebih menginvestasikan usahanya melalui teknologi sehingga penerimaan lapangan pekerjaan sangat kurang dan terbatas,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Prov Jatim H. Abdul Halim Iskandar mengaku yakin bahwa pengurus Kartar Jatim yang baru akan tampil beda dan memiliki semangat tinggi menyejahterakan masyarakat melalui bermacam kegiatan. “Saya yakin pengurus yang dilantik adalah pengurus dengan karakteristik serta jiwa kepemimpinan tinggi. Selamat semoga sukses dalam mengemban amanah ini,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Jatim Agus Maimun mengatakan jiwa Kartar adalah solidaritas dan kesetiakawanan sosial. Anak muda harus jadi bagian bersinergi dengan pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat.

Kartar Jatim berkomitmen untuk mengurangi pengangguran terbuka, kesenjangan sosial dan mengurangi kemiskinan di Jatim. Langkah yang akan segera dilakukan setelah pengukuhan ini yakni untuk mendekatkan masyarakat terhadap akses yang dimiliki oleh pemerintah.

"Kami akan memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan akses baik permodalan hingga pengembangan ekonomi hingga di pelosok desa. Sumber daya mereka harus difasilitasi oleh pemerintah. Mari bergandengan tangan bersama pemuda lainnya untuk memajukan Provinsi Jatim," pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pengukuhan yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Masa Bakti 2017-2022. Untuk jabatan ketua dijabat oleh Agus Maimun SE MHP. Sedangkan Sekretaris dijabat oleh Twi Adi S.Ag dan Bendahara dijabat oleh Felix Susanto. (Humas Pemprov Jatim Nif)

back to top