Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Gus Ipul, Hadiri Pengajian Akbar 1 Muharam di Bakung Blitar

Gus Ipul, Hadiri Pengajian Akbar 1 Muharam di Bakung Blitar

Blitar-KoPi| Wagub Jatim Drs.Saifullah Yusuf yang akrap disapa Gus Ipul, berkenan menghadiri Pengajian Akbar dalam rangka memperingati 1 Muharam di Desa Bakung Kecamatan Udanawu, Kab. Blitar, Minggu (24/9) malam .

Gus Ipul mengatakan, memperingati 1 Muharam itu berarti kita memperingati Tahun baru Hijriyah. Sedang yang dimaksud dengan Hijrah pindah dari tempat satu ke tempat lainnya atau dari tahun ini ke tahun berikutnya. Berarti, bisa diartikan dari yang tadinya belum atau kurang baik diperbaiki menjadi baik atau kalau sebelumnya itu sholatnya kurang lengkap tahun diperbaiki menjadi lengkap dan khusuk.

“Sebab, yang dimaksud dengan hijrah adalah perpindahan ketempat satu ke tempat lainnya atau perbaikan kelakuan/tabiat dari yang kurang baik menjadi baik,” jelasnya.

Untuk itu, tambah Gus Ipul, setiap satu Muharam tiba atau datang ini adalah moment yang sangat tepat untuk mengadakan perbaikan atau perubahan pada diri kita masing-masing. Perubahan apa saja yang penting perubahan yang positif dan membangun. Oleh karena itu, ayo kita perbaiki hal-hal yang kurang baik pada diri kita ini agar menjadi baik dan ajak semua teman, saudara, anak serta keluarga kita agar menjadi naik.

Selanjutnya Wagub Jatim mengatakan, bahwa hidup itu harus ada perubahan agar tidak monoton. Agar bisa ada perubahan, maka dibutuhkan DUIT. DUIT disini yang dimaksud adalah D itu adalah Doa, jadi setiap orang yang masih hidup dimuka bumi ini wajib berdoa, memohon kepada Allah supaya dalam menjalani hidup ini tidak kekurangan dan selalu diberikan kesehatan serta mampu melaksanakan ibadah selama hidupnya.

Sedang yang kedua adalah huruf U, adalah usaha. Jadi kalau sudah berdoa maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh semua orang adalah usaha atau berusaha agar bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Karena tidak mungkin seseorang bisa menjadi pejabat kalau tidak ada usaha atau berusaha dulu.Dan setelah doa dan usaha maka yang ketiga adalah I, huruf I ini adalah Ikhtiar atau ilmu. Kalau sudah berdoa dan berusaha kalau tidak ada ilmu ya tidak mungkin bisa berhasil. Karena ilmu yang dimiliki seseorang itu sangat menentukan bagi masa depannya.

Untuk itu, ada peribahasa tuntutlah samapi akhir hayatmu atau sampai kamu menutup mata. Dan masih ada alagi peribahasa yang sangat kental serta sudah mendunia yaitu tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina. Dari sini kita dan mengerti betapa penting ilmu bagi kehidupan manusia di muka bumi ini. karena dengan ilmu maka kita bisa berubah menjadfi jauh lebih baik serta dengan ilmu kita bisa membuka mind set/ pola pikir seseorang.

Serta yang terakhir adalah T, huruf T disini adalah tawakal. Jadi kalau sudah berdoa dan berusaha serta memiliki ilmu maka yang terakhir yang sangat penting sebagai pelengkap yang pertama, kedua dan yang ketiga. Sebab meskipun sudah ada tiga huruf yang di depan kalau tidak dilengkapi huruf terakhir yaitu T ini, maka akan muspro dan percuma. Mengapa? karena tidak ada kata Tawakal yang artinya percaya kepada Allah. Maka kita harus percaya kepada Allah dan berpasra diri KepadaNYA, karena hanya Allah-lah yang tahu yang kita butuhkan bukan apa yang kita mau.

Ikut hadir dalam acara tersebut selain Bupati Blitar juga hadir Ketua DPRD serta Forpimda Kab. Blitar serta Camat dan para Kyai Kab. Blitar.( Humas Pemprov. Jatim/Dilla).

back to top