Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Begini cara Wanita Jawa Timur berdaya upaya

Begini cara Wanita Jawa Timur berdaya upaya

 

Surabaya - KoPi | Wanita Jawa Timur merupakan karakter dinamis yang terus berupaya menciptakan perubahan dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Mereka pun mengorganisasi diri agar menjadi lebih kuat dalam upaya perubahan tersebut. Salah satu organisasi tersebut adalah BKOW (Badan Kerjasama Organisasi Wanita) Provinsi Jawa Timur yang baru saja melakukan pergantian pengurus untuk periode 2016-2021.

BKOW Jawa Timur merupakan induk dari organisasi-organisasi wanita se-provinsi yang selama ini berdaya upaya dalam pengabdian masyarakat khususnya untuk para wanita. Selama periode 2011-2016, BKOW Jawa Timur berada di bawah kepemimpinan Fatma Dra. Hj. Saifullah Yusuf, istri dari Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Kepemimpinan Fatma selama ini dipandang berhasil oleh anggota-anggota organisasi. Kesatuan organisasi BKOW Jawa Timur menjadi lebih solid, konsisten dalam pemberdayaan, dan dinamika kerjasama internal maupun eksternal yang positif.

"Ibu Fatma mampu memberi arti yang lebih pada BKOW selama ini. Beliau menciptakan kekompakan internal organisasi dan mendorong berbagai kegiatan yang terasa dampaknya pada masyarakat." Komentar salah satu pengurus BKOW kepada KoPi.

Foto: Ibu Soekarwo, istri Gubernur Jawa Timur dan Fatma Saifullah Yusuf.

Catatan KoPi memperlihatkan bahwa BKOW Jawa Timur selama periode 2011-2016 aktif dalam kegiatan antara lain penguatan kapasitas sosial ekonomi perempuan dengan kursus-kursus bidang ekonomi kreatif seperti kuliner dan kerajinan dengan kerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur. 

Di bidang organisasi, politik, informasi, dan komunikasi misalnya, BKOW Jatim telah secara aktif menerbitkan majalah AINA sebagai potret kinerja dan media komunikasi. Juga telah diadakan Jambore BKOW tahun 2015 untuk mencapai kebersamaan dan mengurangi konflik dalam pelaksanaan tugas.

Di bidang pendidikan, kebudayaan, dan Iptek, BKOW Jatim telah berjuang meningkatkan kemampuan para pendidik PAUD serta melestarikan kebudayaan tradisional. Kegiatan yang dilakukan BKOW adalah pelatihan spiritual parenting bagi Bunda PAUD dan Workshop PAUD. Selain itu, BKOW Jatim juga mengadakan lomba kolintang untuk melestarikan kebudayaan tradisional sekaligus mengenalkan alat musik tradisional pada masyarakat. 

BKOW Jatim juga tidak ketinggalan berperan aktif di bidang sosial dan lingkungan hidup. Selama 2015, berbagai kegiatan bakti sosial telah dilakukan BKOW Jatim, seperti bakti sosial Ramadhan di Pondok Metal Muslim Al-Hidayah Rejoso dan pembagian perlengkapan kamar tidur kepada Rumah Singgah Penderita Kanker.

Berdasar pada pencapaian itulah, para anggota organisasi wanita dalam BKOW Jawa Timur memilih kembali Fatma Saifullah Yusuf sebagai Ketua Umum untuk periode 2016-2021.

"Alhamdulillah Pengukuhan Pengurus BKOW Provinsi Jawa Timur Periode 2016-2021, sebanyak 45 Organisasi Wanita Tingkat Provinsi oleh Ibu Dra. Hj. Nina Soekarwo selaku Dewan Penasehat Utama, telah selesai dilaksanakan pada 14 Maret 2017 yang lalu, di Graha Wicaksana Praja Pemprov Jatim." Terang Fatma.

Fatma berharap BKOW Jawa Timur makin kuat dan  terus membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat, ikut mengisi pembangunan di bumi pertiwi ini khususnya di Jawa Timur tercinta. | A. Ginanjar

back to top