Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Ancaman kelestarian penyu di Yogja

Ancaman kelestarian penyu di Yogja

Jogja-KoPiMasalah alih fungsi sempadan pantai, abrasi pantai, habitat, aktivitas perikanan, dan predator menjadi ancaman kepunahan penyu yang ada di Yogyakarta, khususnya di Bantul, Gunung Kidul dan Kulon Progo.

Masyarakat menegenal penyu sebagai spesies penjelajah laut yang secara fisik mirip dengan kura-kura, ada pula yang menyebutnya sebagai kura-kura laut. Terdapat 7 macam spesies penyu yang ada di dunia, dari 7 spesies tersebut terdapat 4 spesies penyu yang ada di Yogyakarta, yaitu penyu hijau, belimbing, sisik dan lekang. Penyu-penyu ini dapat ditemui di Pantai Samas, Goa Cemara, Pantai Baru, Pantai Pandan Simo, Pantai Trisik, dan Pantai Drini.

Jumlah populasi penyu-penyu ini tiap tahunnya mengalami penurunan, di Indonesia sendiri populasi penyu mengalami penurunan sebesar 20-30% tiap tahunnya.

Sementara itu, menurut Ketua Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Yogyakata, Kusmardiastuti, S.Hut.MP dalam seminar nasional dan workshop konservasi penyu yang bertajuk “Love Sea Turtle, Save Sea Ecosystem”, Sabtu (4/6) bertempat di Hotel Jayakarta Yogyakarta, populasi penyu di Bantul tiap tahunnya juga mengalami penurunan, dari survey yang dilakukan di Pantai dari tahun 2012 terdapat 14 titik, 2013 terdapat 14 titik dan 2015 terdapat 11 titik, begitu juga dengan pantai-pantai lainnya.

Penurunan ini diakibatkan oleh beberapa hal baik dari alih fungsi sempadan pantai, abrasi pantai, habitat, aktivitas perikanan, dan predator. Habitat penyu yang rusak dan tercemar menjadi salah satu penyebab kematian penyu.

“Penyu pada masa migrasi, khususnya penyu lekang ia memakan apa saja yang ada dihadapannya, jika ada putung rokok maka ia makan, ada plankton ia makan, ada plastik ia makan, makanan yang tidak seharusnya jadi makanannya ini akan membuat ia mati,”jelas drh.Ida Bagus Windia Adyana, Ph.D, pakar konservasi penyu Dosen Universitas Udayana, Bali.

Sementara itu, predator juga mengancam kehidupan penyu terutama manusia. Banyak penyu yang dijual belikan dan terjebak dalam jaring nelayan.

“Penyu yang terjebak dalam jaring nelayan ini jika tidak cepat ditangani akan menjadi salah satu penyebab kematian penyu. Terdapat 4 penyu yang mati karena jaring nelayan di Bantul pada tahun 2014, ”, jelas Kusmardiastuti.

drh. Ida Bagus Windia Adyana, Ph.D, juga mengatakan bahwa penyu tidak dapat dipisahkan oleh manusia, banyak masyarakat Indonesia yang suka mengkonsumsi penyu maupun telur penyu.

Telur penyu dianggap makanan untuk memenangkan perang. Aktivitas manusia lain yang dapat mengancam kehidupan penyu adalah pemakaian long lainer untuk mendapatkan tuna, namun sayangnya yang terjebak adalah penyu.

Selain itu, aktivitas perikanan seperti pertambakan yang ada di sepanjang pantai Yogyakarta juga menjadi penyebab perginya penyu dari tempat bertelurnya. “Untuk itu kami telah melarang pertambakan di sepanjang tempat penyu bermigrasi”, papar Dr. Suwarman Prastawiro, Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul.

back to top