Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Ternyata, tanda penuaan bukan cuma kerutan lho

Ternyata, tanda penuaan bukan cuma kerutan lho
Surabaya – KoPi | Dona menghela nafas di depan cermin. Di usianya yang menjelang 50, ia tidak memiliki banyak kerutan di wajah karena sering melakukan perawatan. Namun, beberapa bagian tubuhnya tidak seindah seperti masa mudanya dulu. Bagian samping wajahnya, terutama pipi, terlihat menggelantung dan membuatnya tampak jauh lebih tua. Ia tak habis pikir mengapa wajahnya tampak lebih tua meski sering melakukan perawatan wajah.

Kebanyakan orang menghubungkan proses penuaan dengan semakin banyaknya keriput atau kerutan di wajah. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa proses penuaan juga mengubah fisik seseorang. Kulit pipi atau payudara yang menurun merupakan salah satunya. Tentu saja hal itu membuat seseorang terlihat lebih tua dari seharusnya dan mengurangi rasa percaya diri mereka.

Kondisi tersebut dalam dunia kedokteran dikenal sebagai sagging, yaitu penurunan kulit ke arah bawah karena proses penuaan. Berbeda dengan skin laxity yang membuat kulit kendur, sagging menimbulkan tonjolan pada bagian-bagian tubuh tertentu terutama wajah karena hilangnya lemak dan lemahnya penyangga lemak (ligamen) pada bagian-bagian tubuh tersebut. Akibatnya, estetika wajah dan tubuh menjadi berubah.

“Penyebab utama sagging adalah karena faktor usia dan gravitasi. Semakin kita bertambah usia, kulit semakin lama melawan gravitasi, sehingga kulit mengalami penurunan ke bawah,” jelas Dr. Irmadita Citrashanty, Sp.KK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari klinik Surabaya Skin Centre.

Selain karena gravitasi, sagging juga bisa muncul karena hilangnya lemak pada bagian tertentu wajah. Menurut Dr. Dita, saat seseorang semakin tua, dapatterjadi pembesaran lemak di bagian tengah atau hipertrofi, dan kehilangan lemak pada sisi samping wajah atau atrofi.

“Selain itu, sagging juga dipengaruhi oleh kendurnya ligamen, yaitu jaringan penyangga yang menahan lemak tadi. Ketika terjadi penuaan, ligamen yang seharusnya menahan lemak supaya tetap di atas tadi kendur, sehingga jadi terlihat menggantung,” terang Dr. Dita.

Dr. Dita menjelaskan, munculnya sagging pada setiap orang bisa bervariasi, namun umumnya terjadi pada usia di atas 40 tahun. Meski demikian, pada beberapa orang proses itu bisa berlangsung lebih cepat atau lebih lambat. Hal itu dipengaruhi oleh faktor polusi dan terpaan oksidan dari luar.

“Intinya kalau kita sering terkena polusi udara atau oksidan-oksidan dari luar, ya proses penuaan itu berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Ligamen itu suatu hari pasti akan kendur. Kalau tidak kita lindungi dan dibiarkan terkena oksidan dari luar, pasti proses penuaannya lebih cepat dari seharusnya,” ujar Dr. Dita. (Baca juga: Ssst, dokter ini beberkan rahasia biar terlihat muda kembali) | Amanullah Ginanjar W.

back to top